Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Written by radik on . Hits: 133

Hari LAHIR PANCASILA copy.jpg

Hari Lahir Pancasila adalah momen yang penting bagi bangsa Indonesia, karena pada tanggal 1 Juni 1945, ideologi dasar negara Indonesia, Pancasila, diumumkan secara resmi oleh founding fathers Indonesia, termasuk Soekarno dan Mohammad Hatta.

Pancasila bukanlah konsep yang muncul secara tiba-tiba, melainkan hasil dari perjalanan panjang perjuangan bangsa Indonesia. Proses pembentukan Pancasila dimulai sejak awal abad ke-20, dengan banyaknya gerakan nasionalis yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.

Kemudian, pada tahun 1945, ketika Indonesia memperoleh kemerdekaannya, perdebatan sengit terjadi mengenai ideologi negara yang akan diadopsi. Pada tanggal 1 Juni 1945, dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Soekarno menyampaikan dasar negara yang kemudian dikenal sebagai Pancasila.

Sebagai warga Indonesia, memahami, menghormati, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah bentuk penghargaan terhadap perjuangan para pendiri bangsa dan komitmen kita untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tulungagung

Jl. Ir. Soekarno - Hatta No. 117
Balerejo - Kauman - Tulungagung

Telp: 0355-336516
Fax: 0355-336121

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright © TIm-IT PA - Tulungagung 2019