Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Written by radik on . Hits: 77

Menuju Indonesia Emas Tahun 2045, PA Tulungagung Gelar Upacara Harlah Pancasila

Pada Sabtu, 1 Juni 2024, Pengadilan Agama (PA) Tulungagung menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Acara ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Sekretaris MA RI Nomor 3003/SEK/HM3.1.1/V/2024 yang dikeluarkan pada 29 Mei 2024. Upacara tersebut menjadi momen penting dalam memperkuat komitmen aparatur negara terhadap nilai-nilai Pancasila dan cita-cita menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

WhatsApp Image 2024-06-03 at 1.31.19 PM.jpeg

Upacara dimulai tepat pukul 07.00 WIB di halaman depan kantor PA Tulungagung. Barisan yang rapi dari seluruh aparatur menambah khidmat suasana pagi itu. Dalam upacara tersebut, peran penting dipegang oleh beberapa petugas, yakni MC oleh Alfi Mufida Rahmawati, Inspektur Upacara oleh Hakim Muqoddar, Komandan Upacara oleh Megatru Raka Pamungkas, Ajudan oleh Mohammad Rohim, Pembaca UUD 1945 oleh S.E. Avicenna, Pemimpin Pasukan oleh Renza Firsty Wijaya, Perlengkapan oleh M. Syaifuddin Zuhri dan Afwan Puji P., serta Dokumentasi oleh Izzat Abdika.

Dalam pidatonya, Inspektur Upacara, Hakim Muqoddar, menyampaikan tiga poin penting yang harus dijadikan pedoman bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). Pertama, ASN adalah garda depan dan benteng NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Mereka harus memegang teguh sumpah dan janji untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. ASN diharapkan tidak terpengaruh apalagi terlibat dalam upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

WhatsApp Image 2024-06-03 at 1.31.11 PM.jpeg

Kedua, ASN harus menjadi perekat dan pemersatu bangsa melalui upaya nyata di lingkungan mereka masing-masing. Dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kedinasan maupun bermasyarakat, persamaan harus diutamakan dan perbedaan disisihkan.

Ketiga, penting bagi ASN untuk menjaga sinergitas antar lembaga peradilan di bawah Mahkamah Agung serta dengan ASN dari kementerian atau lembaga negara lainnya. Sadarilah bahwa mereka adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat kerjasama, sinergi, dan gotong royong dalam memajukan bangsa.

WhatsApp Image 2024-06-01 at 7.35.44 AM (1).jpeg

Upacara yang berlangsung kondusif dan efektif ini berakhir pada pukul 07.30 WIB, diakhiri dengan pembubaran pasukan oleh pemimpin upacara. Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini, dengan tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045", diharapkan semangat persatuan dan kesatuan semakin menguat di antara seluruh elemen bangsa. PA Tulungagung, melalui upacara ini, menegaskan komitmennya dalam mendukung perjalanan Indonesia menuju cita-cita besar di tahun 2045.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tulungagung

Jl. Ir. Soekarno - Hatta No. 117
Balerejo - Kauman - Tulungagung

Telp: 0355-336516
Fax: 0355-336121

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright © TIm-IT PA - Tulungagung 2019