Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Written by radik on . Hits: 30

Kultum Tentang Ikhlas Oleh Drs. H. Muqoddar

Pada hari Rabu, 20 April 2022 telah dilangsungkan kultum di masjid Pengadilan Agama Tulungagung yang dibawa oleh Drs. H. Muqoddar. Dalam kultumnya Drs. H. Muqoddar mengutip surat Al-Bayyinah ayat 5 yang berbunyi,

“وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَة”

Artinya:
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

Beliau mengomentari ayat ini,

“Ibadah seluruhnya harus dimulai dengan ikhlas, karena jika kita melakukannya dengan ikhlas maka kita akan mendapatkan ridho dari Allah”

Bicara mengenai ikhlas, apa sesungguhnya ikhlas itu? Dalam banyak sumber disebutkan bahwa makna ikhlas adalah melupakan pandangan makhluk dengan terus menerus melihat kepada Allah mengharap ridho dan pahala-Nya.

Selain merupakan syarat diterimanya ibadah, ikhlas juga memiliki keutamaan lain di antaranya adalah ikhlas merupakan jalan menuju kemenangan. Sebagaimana diriwayatkan oleh Nasa’i dengan sanad yang sahih dari Saad bin Abi Waqash bahwasanya Rasulullah bersabda,

“إنما ينصر الله هذه الأمَّةَ بضعيفها؛ بدعوتهم، وصلاتهم، وإخلاصهم”

Artinya:
“Sesungguhnya Allah menolong umat ini dengan sebab orang lemah diantara mereka, dengan do’a mereka, dengan sholat mereka, dan dengan keikhlasan mereka”

Dalam penutupnya, Drs. H. Muqoddar memberikan wejangan untuk para pendengar agar memperbaiki dan memperbaharui niat di setiap amal dan ibadah.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tulungagung

Jl. Ir. Soekarno - Hatta No. 117
Balerejo - Kauman - Tulungagung

Telp: 0355-336516
Fax: 0355-336121

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright © TIm-IT PA - Tulungagung 2019