Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Tahun 2021

Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Tahun 2021

ANYA

ANYA (Asisten Pelayanan Masyarakat) dari Pengadilan Agama Tulungagung
ANYA

HUT Konservasi Alam Nasional

ASEAN atau organisasi regional kawasan Asia Tenggara telah berdiri sejak 8 Agustus 1967. Sesuai namanya yakni Association of Southeast Asian Nations, organisasi ini dibentuk oleh...
HUT Konservasi Alam Nasional

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional sendiri berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca ciptaan BJ Habibie...
Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Hari Veteran Nasional

Hari Veteran Nasional selalu diperingati setiap 10 Agustus. Peringatan itu dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada warga yang telah ikut berjuang untuk membela kemerdekaan RI. Meski...
Hari Veteran Nasional

BIAYA
PERKARA

pnjrEstimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

INFORMASI
PERKARA

sippabcMelalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

JADWAL
SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SYSTEM
PENGAWASAN

SiwasSIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

PENDAFTARAN
ONLINE

e courtLayanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

PTSP
ONLINE

e courtPelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dilakukan Secara Online.

  • Pengumuman
  • Gugatan Mandiri
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan
  • SMS Gateway

Gugatan / Permohonan Mandiri ( Membuat sendiri gugatan)

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.  >>>>>>>  Klik Disini  <<<<<< Untuk Memulai

Tentang, Syarat & Ketentuan Gugatan / Permohonan Mandiri!

  1. Penggugat/Pemohon membuat sendiri surat gugatan/permohonan secara elektronik; contoh blangko/konsep  gugatan/permohonan telah tersedia.
  2. Pemanfaatan Aplikasi untuk membuat surat gugatan/permohonan mandiri ini tidak dipungut biaya (gratis).
  3. Aplikasi ini hanya bersifat membantu dalam pembuatan surat gugatan, TIDAK ADA JAMINAN jika menggunakan aplikasi ini gugatan anda dapat dikabulkan, karena masalah dikabulkan atau tidak tergantung dalam proses persidangan nantinya.
  4. Ketika anda menggunakan Aplikasi ini, Peradilan Agama tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu hal yang terjadi, Peradilan Agama hanya bersifat membantu menyediakan contoh format surat gugatan, isi gugatan diluar tanggung jawab Peradilan Agama.
  5. Apabila anda menggunakan Aplikasi Pembuatan Surat Gugatan secara elektronik ini, maka anda dianggap menyetujui syarat & ketentuan dalam Aplikasi ini.
  6. Syarat & Ketentuan ini akan ditambah jika dirasa diperlukan, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Prosedur Permohonan Informasi

Secara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut:

  1. Prosedur Biasa
  2. Prosedur Khusus
    1. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik;
    2. Informasi yang diminta bervolume besar
    3. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Informasi Pelayanan SMS

Untuk memberikan layanan kepada pencari keadilan PA Tulungagung membuat inovasi SMS Gateway, dimana layanan ini terkoneksi dengan data Base SIPP. Sehingga diharapkan para pencari keadilan bisa mengetahui keadaan perkara mereka dengan melalui sms.

Adapun layanan pada sms ini :

  • SMS ke : 082 111 777 337
  • Untuk mengetahui jadwal sidang Ketik :  sidang 123/Pdt.G/2019/PA.TA  (besar semua atau kecil semua, tanpa nol di depan).
  • Biaya perkara Ketik : keuangan 123/Pdt.G/2019/PA.TA (besar semua atau kecil semua, tanpa nol di depan).
  • Cerai sudah jadi apa belum Ketik : akta 123/Pdt.G/2019/PA.TA  (besar semua atau kecil semua, tanpa nol di depan).

 

PENGADILAN AGAMA TULUNGAGUNG

MENGADAKAN ACARA:

1. PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS (ZI)

2. PERESMIAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP)

3. MOU (MEMORANDUM OF UNDERSTANDING) KERJA SAMA DENGAN :

a) BANK BRI CABANG TULUNGAGUNG

b) BIRO KONSULTASI PENYULUHAN DAN BANTUAN HUKUM IAIN TULUNGAGUNG

c) PT POS TULUNGAGUNG

 

 WhatsApp Image 2019 04 04 at 09.09.11   WhatsApp Image 2019 04 04 at 09.03.46

          (Gambar 1. Penandatangan Mou Kerjasama)                         (Gambar 2. Pelayanan Terpadu Satu Pintu)

Pada hari Jum’at yang penuh berkah, 29 Maret 2019, Pengadilan Agama Tulungagung mengadakan serangkaian acara besar yakni,

  1. Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ( ZI );
  2. Peresmian Pelaynan Terpadu Satu Pintu ( PTSP );
  3. MoU (perjanjian kerja sama) dengan Bank BRI Cabang Tulungagung, Biro Konsultasi Penyuluhan dan Bantuan Hukum (BKPBH) IAIN Tulungagung dan PT Pos Tulungagung.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati dan Anggota Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Ketua MUI, REKTOR IAIN Tulungagung, Kepala Kantor Kementerian Agama Tulungagung, pimpinan, hakim, panitera, sekretaris, pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Agama Tulungagung. Adapun susunan acaranya sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  3. Pembacaan do’a yang dipimpin oleh Bapak Drs. KH. Taufiqurrohman, SH., MH.
  4. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  5. Ikrar Aparatur Sipil Negara Pengadilan Agama Tulungagung yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Sudjarwanto, SH., MH. Yang diawali dengan yel-yel yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Badawi Asyhari, SH., MH.
  6. Sambutan-sambutan:
    1. Ketua Pengadilan Agama Tulungagung oleh Bapak Drs. Iskhaq, SH.
    2. Bupati Kabupaten Tulungagung yang dilanjutkan dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) dan Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan pemukulan gong.
  7. Penandatanganan Piagam Zona Integritas oleh Ketua Pengadilan Agama Tulungagung dan disaksikan oleh Bupati dan Anggota Forkopimda Kabupaten Tulungagung.
  8. Penandatanganan MoU kerjasama meliputi: MoU (perjanjian kerja sama) dengan Bank BRI Cabang Tulungagung, Biro Konsultasi Penyuluhan dan Bantuan Hukum ( BKPBH ) IAIN Tulungagung dan PT Pos Tulungagung, serta peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

     WhatsApp Image 2019 04 04 at 09.09.04

(Gambar 3. Pemukulan Gong Pencanangan ZI dan Peresmian PTSP)

Dalam sambutan Ketua Pengadilan Agama Tulungagung, Bapak Drs. Iskhaq, SH., menyampaikan bahwa, “Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bersih Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani merupakan suatu keharusan dan Alhamdulillah sebenarnya Zona Integritas sudah berjalan dengan baik di Pengadilan Agama Tulungagung dan semoga dengan diresmikannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), pelayanan Pengadilan Agama Tulungagung kepada masyarakat semakin baik dan semakin PRIMA amin Ya Allah Ya Robbal ‘Alamin”.

Sedangkan Bapak Bupati Tulungagung dalam sambutannya menyampaikan bahwa,“saya ucapkan selamat dan sukses atas Pembangunan Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Memorandum of Understanding (MoU) dengan BRI Cabang Tulungagung, Kantor Pos dan IAIN Tulungagung.

Bapak-Bapak, Ibu-Ibu para undangan yang saya mulyakan. Pembangunan Zona Integritas terkait dengan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada seluruh instansi Pemerintah dengan tujuan demi terciptanya pemerintahan yang baik (Good Government) dengan tiga faktor yaitu :

  1. Peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi
  2. Pemerintahan yang bersih dan bebas KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)
  3. Peningkatan pelayanan publik.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 52 tahun 2014.

Hadirin yang kami mulyakan. Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan tujuan supaya pencari keadilan bisa dilayani dengan cepat dan juga dalam rangka mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, dengan demikian Pengadilan Agama Tulungagung telah melaksanakan Permenpan Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Hadirin yang saya hormati dan mulyakan. Alhamdulillah pada hari ini juga Pengadilan Agama Tulungagung mengadakan MoU (Memorandum of Understanding) atau Perjanjian Kerjasama dengan BRI Cabang Tulungagung, Kantor Pos dan LKBH IAIN Tulungagung, sudah barang tentu kerja sama ini dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Tulungagung dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan prima kepada Pencari Keadilan demi terwujudnya AZAS PERADILAN, SEDERHANA, CEPAT DAN BIAYA RINGAN”.

Semoga dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bersih Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan MoU dengan BRI Cabang Tulungagung, PT Pos Tulungagung dan Biro Konsultasi Penyuluhan dan Bantuan Hukum IAIN Tulungagung, membawa kemajuan dan pelayanan PRIMA Pengadilan Agama Tulungagung kepada masyarakat, amin Ya Allah Ya Robbal ‘Alamin.

Add comment


Security code
Refresh

PROFILE PA TULUNGAGUNG
DRIVE-THRU PATAS

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tulungagung

Jl. Ir. Soekarno - Hatta No. 117
Balerejo - Kauman - Tulungagung

Telp: 0355-336516
Fax: 0355-336121

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright © TIm-IT PA - Tulungagung 2019